Selasa, 19 April 2016

Gejala Rumah Kaca


APA ITU RUMAH KACA ?

Rumah kaca (disebut juga rumah hijau dan rumah tanaman) adalah sebuah bangunan di mana tanaman dibudidayakan. Sebuah rumah kaca terbuat dari gelas  atau plastik. Rumah kaca menjadi panas karena radiasi elektromagnetik yang datang dari matahari yang memanaskan tumbuhan, tanah, dan barang lainnya di dalam bangunan ini.

MANFAAT RUMAH KACA?

- Digunakan sebagai tempat yang dapat digunakan untuk menanam sayuran dan berbagai      tanaman 
  lain di berbagai cuaca.

- Digunakan sebagai pelindung tanaman agar berbagai hewan baik hewan besar maupun kecil tidak   
  dapat masuk.

- Digunakan sebagai pelindung tanaman dari hujan dan pemeliharaan irigasi.

- Digunakan sebagai alat yang dapat membuat bumi kita tetap hangat.

- Digunakan sebagai pelindung agar tanaman tidak mudak terserang penyakit.

APA DAMPAK DARI RUMAH KACA?

Meningkatnya suhu permukaan bumi akan mengakibatkan adanya perubahan iklim yang sangat ekstrem di bumi. Hal ini dapat mengakibatkan terganggunya hutan dan ekosistem lainnya, sehingga mengurangi kemampuannya untuk menyerap karbon dioksida di atmosfer. Pemanasan global mengakibatkan mencairnya gunung-gunung es di daerah kutub yang dapat menimbulkan naiknya permukaan air laut. Efek rumah kaca juga akan mengakibatkan meningkatnya suhu air laut sehingga air laut mengembang dan terjadi kenaikan permukaan laut yang mengakibatkan negara kepulauan akan mendapatkan pengaruh yang sangat besar.

Menurut perhitungan simulasi, efek rumah kaca telah meningkatkan suhu rata-rata bumi 1-5 °C. Bila kecenderungan peningkatan gas rumah kaca tetap seperti sekarang akan menyebabkan peningkatan pemanasan global antara 1,5-4,5 °C sekitar tahun 2030. Dengan meningkatnya konsentrasi gas CO2 di atmosfer, maka akan semakin banyak gelombang panas yang dipantulkan dari permukaan bumi diserap atmosfer. Hal ini akan mengakibatkan suhu permukaan bumi menjadi meningkat.

MENGAPA SAAT MENDUNG UADARA TERASA PANAS



Mungkin kita bertanya-tanya mengapa ketika awan di langit terlihat hitam, yang merupakan pertanda akan turun hujan, udara disekitar terasa panas? Atau bahkan bisa menyebabkan tubuh kita gerah dan berkeringat? Padahal matahari tertutup awan sehingga seharusnya tidak terasa panas? Berikut ini jawaban dan penjelasan dari pertanyaan tersebut.

Ketika awan terlihat hitam (mendung), terjadi proses perubahan uap air (gas) menjadi air (cair). Pada proses ini dilepaskan sejumlah panas (kalor) ke udara.ini. Awan yang berwarna hitam gelap (mendung) biasanya tidak terlalu tinggi dibandingkan awan yang putih, sehingga semakin dekat jaraknya ke permukaan bumi, efek panas yang dilepaskan semakin terasa. Kondisi ini akan lebih panas jika sebelumnya matahari bersinar terik, sehingga panas yang kita rasakan adalah kumpulan dari pelepasan energi dari perubahan fase uap air menjadi air dan energi panas sisa yang dipancarkan bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar